Bilqis, Balita Yang Akan Jalani Transplantasi Hati Meninggal Sebelum Operasi

Bayi 17 bulan penderita atresia bilier (sistem empedunya tidak berfungsi dengan baik) bernama Bilqis Anindya Passa, mengundang simpati banyak orang. Hingga kemarin tiba di RSUP dr Kariadi, Semarang.

Tim dokter di sana menyatakan siap melakukan operasi transplantasi hati balita kelahiran 20 Agustus 2008 itu. Meski belum bisa memastikan jadwal, operasi akan dilakukan secepatnya.

“Operasi akan dilakukan jika diperoleh donor yang tepat. Tapi kapan tepatnya belum ditentukan. Namun, diusahakan dalam waktu dekat ini,” jelas Prof Dr A.G Sumantri SpA(K), selaku ketua tim dokter yang akan menangani operasi Bilqis.

Kondisi Bilqis nampak seperti bayi normal lainnya, namun jika jaket yang membalut kulitnya dibuka, terlihat banyak luka lecet akibat digaruk. Bilqis merasa selalu gatal karena darah yang mengalir di tubuhnya terkontaminasi berbagai racun.

Menurut kakek Bilqis, kedatangan Bilqis ke RSUP dr Kariadi untuk operasi adalah atas rekomendasi kementrian kesehatan. Sebab, pihak RSUP dr Kariadi dinilai mampu melakukan operasi transplantasi hati.

Agan-agan sudah pada tau kan nama BILQIS yang mempunyai penyakit pada hatinya kalau saya tidak salah, kasihan yah masih kecil belum memiliki dosa apa-apa tapi sudah merasakan ganas nya penyakit seperti itu. Karena mengidap penyakit yang cukup parah akhir nya bilqis harus di operasi setelah mendapat banyak bantuan dari para dermawan lewat koin cinta bilqis, namun belum sempat untuk menjalankan operasi pada hari sabtu tanggal 10 April 2010, bayi usia 19 bulan itu harus menghembuskan nafas terakhirnya di duga akibat kegagalan fungsi organ pernafasan.

Melalui wawancara dengan VIVAnews ibunda bilqis yang bernama Dewi Farida mengutarakan, “Akibat gagal nafas dan belum dioperasi,” padahal sudah beberapa lama ini bayi bilqis telah di rawat di RSUP Kariadi untuk menunggu kesiapan operasi. Ya kita tahu jika ingin melaksanakan operasi pasti banyak sekali aturan dalam kesehatan pada saat sebelum meninggal dunia bayi bilqis kekurangan bobot sekitar 0,2 kilogram berarti menurut peraturan dari dokter dalam melakukan operasi bilqis harus mempunyai bobot minimal saat operasi 9 kilogram.

Menurut dokter ahli yang menangani bayi bilqis, meninggal nya bayi yang mengidap Arteresia Billier karena serangan tiga bakteri ganas, tim dokter mengungkapkan “Bakteri itu menyerang paru-paru dan darah,” ketiga bakteri ganas tersebut mempunyai nama unik yaitu, acenobacter bowmani , klebsiela pnemonia berada di lokasi paru-paru dan seratia marcescens berada di lokasi dalam darah.. Waw bakteri berbentuk kecil tapi bisa membuat akibat kematian, hah dasar hewan kecil yang sangat berbahaya bagi manusia.

Menurut tim yang menangani bilqis, serangan dari bakteri ganas tersebut mengakibatkan daya tahan menurun, sesak napas, dan denyut jantung melemah dan juga ternyata hampir 40 persen penderita penyakit yang seperti dialami bilqis mengalami hal seperti itu. Karena itulah juga para tim dokter yang sudah di persiapkan untuk melakukan operasi cangkok hati untuk bayi bilqis belum berani melakukan tindakan operasi cangkok nya, “Memang butuh waktu lama untuk persiapan,” ungkap dari Soemantri.

Namun para tim dokter dengan bantuan tenaga ahli di beberapa bidang kesehatan tidak begitu saja menyerah untuk menangani bayi yang masih polos tersebut, berbagai cara perawatan intensif untuk bilqis terus dilakukan sebelum akhirnya bayi bailqis meninggal dunia.

Kasihan ya,,,  semoga saja sang ibunda yang telah berjuang demi kesehatan bilqis di beri ketabahan oleh YANG MAHA KUASA, Amin.

turut berduka cita meninggalnya bayi bilqis saat sebelum melakukan operasi cangkok hati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: